Gambaran Perilaku Pencegahan Malaria Di RT II Kampung Nendali Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura

Nero, Ester (2021) Gambaran Perilaku Pencegahan Malaria Di RT II Kampung Nendali Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura. Masters thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan.

[img] Text
ester manuscript.docx - Published Version

Download (35kB)

Abstract

Latar Belakang: Malaria masih menjadi penyakit dengan tingkat prevalensi yang cukup tinggi di daerah tropis maupun subtropik salah satunya di Kampung Nendali Kabupaten Jayapura Perilaku pencegahan malaria perlu di lakukan agar dapat mengurangi tingkat prevalensi kasus malaria. Tujuan: Diketahuinya gambaran perilaku pencegahan malaria di RT II Kampung Nendali Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain deskriptif analitik.. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien malaria yang berusia > 15 tahun yang terdata pada tahun 2020 di Puskesmas Harapan khususnya data Pustu Nendali RT II sebanyak 284 orang dengan kasus malaria dengan sampel sebanyak 30 responden Hasil: Berdasarkan hasil penelitian terkait perilaku pencegahana malaria yang didapatkan oleh peneliti yaitu terbanyak 66.7% dengan kategori baik, kategori cukup 30.0% dan perilaku yang kurang baik 3.3%, jadi hasil secara umum perilaku pencegahan malaria semakin baik maka dapat mengurangi jumlah penyakit malaria. Kesimpulan: Pada penelitian ini perilaku pencegahan malaria masyrakat kampung Nendali sebagian besar pada kategori baik yaitu 66.7% .

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Malaria, Pencegahan,
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 610.73 Keperawatan
Divisions: Program Studi > S1 Keperawatan
Depositing User: Admin STIKES Jayapura
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:17
Last Modified: 14 Sep 2021 01:17
URI: http://repository.stikesjypr.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item View Item